Dengan mengirimkan naskah ke Erka, maka secara otomatis terjadi kesepakatan sebagai berikut:

  1. Penulis sepakat menyerahkan naskah untuk diproses dengan mekanisme dan standar yang berlaku di Penerbit.
  2. Penulis menjamin Penerbit adalah satu-satunya pihak yang diberi hak dan kewenangan untuk mengedit, mendesain, mempublikasikan, memperbanyak, dan atau menerjemahkan naskahnya ke dalam bahasa lain.
  3. Penerbit akan mencetak buku hasil karya Penulis hanya ketika ada pemesanan, baik dari Penulis maupun pembeli.
  4. Penjualan dan promosi buku dilakukan melalui media online. Untuk buku dengan kualitas dan oplah tertentu, akan didistribusikan ke toko buku offline dalam jumlah sesuai kesepakatan.
  5. Penerbit akan menjual buku Penulis dalam bentuk cetak dan atau e-book sesuai kesepakatan.
  6. Penulis akan menerima royalti 40% dari setiap buku yang terjual online melalui Penerbit.
  7. Penerbit mendistribusikan buku melalui jaringan reseller dan toko buku online, untuk toko buku offline dan toko buku komunitas, Penulis bisa melakukan request dengan memenuhi minimal cetak sebanyak 200 eksemplar.
  8. Untuk distribusi dengan toko buku nasional seperti Gramedia, Gunung Agung, dsb, Penerbit akan bekerjasama dengan distributor. Untuk distribusi nasional, Penulis wajib memenuhi kuota cetak miniman 2.000 eksemplar, dan jumlah yang didistribusikan tergantung pesanan dari distributor dan toko buku. Mengingat besarnya potongan dari distributor, maka penulis mendapatkan 35% royalti untuk pililhan distribusi ini.
  9. Penulis menyerahkan hak penjulan ebook bukunya dan akan mendapatkan royalti 20% dari setiap penjualan ebook tersebut.
  10. Penerbit akan melaporkan secara berkala jumlah penjualan kepada Penulis. Pembayaran royalti hanya akan dilakukan 2 (dua) kali, yakni pada bulan April dan Oktober. Pembayaran dilakukan selambat-lambatnya pada minggu keempat bulan yang bersangkutan.
  11. Penerbit mempunyai hak untuk menerbitkan buku hingga batas waktu di mana Penulis membatalkan kerja sama ini dengan Penerbit.
  12. Pemutusan kerjasama diajukan oleh Penulis dengan membuat surat pernyataan.
  13. Isi seluruh naskah buku di luar tanggung jawab Penerbit. Oleh karenanya, apabila ada permasalahan hukum yang bersangkutan dengan isi buku, maka Penerbit lepas dari tanggung jawab tersebut.
  14. Hal-hal yang tercantum pada kesepakatan ini mempunyai kekuatan hukum seperti pasal-pasal dalam Kontrak Kerja Sama.
  15. Hal-hal yang belum tercantum dalam kesepakatan ini akan dibicarakan dan diputuskan oleh kedua belah pihak dan keputusan tersebut mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan Kontrak Kerja Sama.
  16. Bila antara kedua belah pihak terjadi perbedaan pendapat dalam pelaksanaan perjanjian, maka akan diadakan musyawarah dan mufakat.
  17. Kesepakatan ini secara keseluruhan tidak terpisah dari ketentuan-ketentuan di website erkapublishing.com,  termasuk ketentuan pengiriman naskah dan penerbitan.
  18. Ketentuan ini sekaligus menjadi aturan tertulis antara Penulis dan Penerbit.
  19. Ketentuan ini sah meskipun tidak ditandatangani, berlaku selama  2 tahun sejak penerbitan dimulai.
  20. Dalam jangka 2 tahun tersebut, semua buku yang dicetak akan diretur ke Penulis, dan kerjasama dinyatakan berakhir kecuali dilakukan pembicaraan ulang.
  21. Dalam keadaan tertentu, akan diterbitkan surat kontrak resmi yang isinya sama dengan poin-poin tersebut di atas.